">Cara Benar Setting Custom Domain di Blogger.com + Troubleshooting | Deb's Online Repository

Daftar dan Dapatkan Informasi Update Terbaru!

Cara Benar Setting Custom Domain di Blogger.com + Troubleshooting

Durasi Membaca: 3 menit

Mungkin kawan-kawan sering menemui kendala ketika sedang melakukan setting custom domain di platform blogger.com. Hal yang sering terjadi seperti “Invalid DNS Record : invalid name provided” ketika sedang melalukan setting custom domain di blogger.com. Beberapa artikel yang pernah saya baca dengan judul “Fix Custom Domain not working without “www” in Blogger” juga tidak begitu membantu karena pada kebanyakan kesalahan setting bukan pada platform bloggernya, namun ketika melakukan setting DNS pada domain. Untuk melakukan setting custom domain dengan menggunakan blogger memang mudah namun tricky.

Saya sendiri membeli domain melalui domainesia.com karena saat itu sedang promo. Bagi yang belum punya nama domain, saya menyarankan untuk mencari melalui website domainr.com lalu segera mengamankan domain kamu. Hehe.

hosting indonesia

Setelah kamu memiliki domain, kamu bisa lanjut ke pembahasan selanjutnya. Untuk melakukan setting custom domain di blogger, pertama-tama kamu masuk ke website blogger.com lalu login dengan menggunakan akun gmail kamu. Setelah masuk buka menu Pengaturan/Setelah/Setting pada panel sebelah kiri, lalu pilih Dasar/Basic. Ikuti langkah-langkahnya seperti pada gambar di bawah ini:
Pengaturan Custom domain di Blogger.om

Pengaturan di Panel Blogger.com

Langkah 1

Masukkan alamat domain lengkap dengan awalan www. di depan. Contoh: www.debrianruhut.web.id

Langkah 2

Cheklist pada opsi “Alihkan debrianruhut.web.id ke www.debrianruhut.web.id”. Pengaturan ini sangat penting agar ketika kita tidak sengaja mengetik nama website tanpa awalan www., maka sistem akan otomatis mengarahkan ke website dengan awalan www. Jika pengaturan ini tidak diaktifkan, maka dapat dipastikan website akan error ketika dibuka tanpa awalan www. Jika pada saat ini checklist ini belum muncul, maka abaikan saja, dan dapat diatur kemudian.

Saat disimpan, blogger mungkin akan mengeluarkan error, karena blogger belum menemukan setting yang tepat pada alama domain yang telah kita masukkan. Yang terpenting adalah kita mendapatkan kode unit yang akan disetting pada panel hosted domain kita.

Pengaturan di Panel Domainesia.com (atau website host domain kamu)

Langkah 1:

Masuk ke dalam akun hosted domain kamu, kalau saya menggunakan domainesia.com, maka saya masuk dengan username dan password saya di domainesia.com. Setelah berhasil masuk, pilih menu Domains pada panel sebelah kiri. Pilih Addons, lalu klik pada tombol Manage DNS di tengah panel.
Pengaturan DNS di akun hosted Domainesia.com

Langkah 2:

Pada tampilan isian form yang muncul, yaitu pada pengaturan Managed DNS, klik tombol Add New Record. Kotak isian untuk menambah record baru seperti pada gambar di bawah. Untuk tampilan di website lain teman-teman bisa menyesuaikan tampilannya, tetapi pada intinya kotak isiannya sama.
Tambah Record Baru pengaturan DNS
Tambahkan semua pengaturan yaitu pengaturan yang sudah kita catat dari blogger.com serta tambahan pengaturan dari google.

Pengaturan dari Blogger
Domain=www, TTL=14400, TYPE=CNAME, Destination=ghs.google.com
Domain=[kode unik], TTL=14400, TYPE=A, Destination=[kode unik, dengan akhiran googlehosted.com]

Pengaturan tambahan:
Domain=(kosongkan), TTL=14400, TYPE=A, Destination=216.239.32.21
Domain=(kosongkan), TTL=14400, TYPE=A, Destination=216.239.34.21
Domain=(kosongkan), TTL=14400, TYPE=A, Destination=216.239.36.21
Domain=(kosongkan), TTL=14400, TYPE=A, Destination=216.239.38.21


PENTING: Pada pengisian pengaturan tambahan, nama domain di kosongkan saja.

Bila sudah dilakukan setting maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini.
DNS yang sudah diarahkan ke Blogger.com

Langkah 3:

Setelah berhasil di setting, maka masuk kembali ke pengaturan blogger.com. Kemudian masuk Setelan, pilih Dasar. Pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda. Masukkan kembali nama domain dengan awalan www . Setelah itu pilih Simpan. Maka alamat blog telah berubah sesuai nama domain yang anda berikan. Pastikan tidak ada error seperti tadi lagi.

Menunggu Proses Resolving DNS dan Update Konfigurasi Reminder.

Untuk proses custom domain ke Blogspot di cPanel ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

About the Author: Debrian

Belajar dari pengalaman orang lain merupakan cara paling efektif untuk menjadi seorang pakar tanpa bertahun-tahun mengikuti jejak pendahulu. Pondasi sudah dibangun, kita harus melanjutkan pengembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *